PENGARUH
KETERLIBATAN KONSUMEN, PEMAKAIAN DAN KEPUASAN TERHADAP PERILAKU BERALIH MEREK
PADA PRODUK SOFT DRINK DI KOTA SURAKARTA
Perilaku brand switching yang timbul akibat perilaku
variety seeking perlu mendapat perhatian dari pemasar. Perilaku ini
tidak hanya cenderung terjadi pada produk yang memerlukan keterlibatan yang
rendah, akan tetapi terjadi juga pada produk dengan tingkat keterlibatan tinggi
(high involvement), misalnya dalam keputusan konsumen membeli mobil,
motor, handphone. Tingkat keterlibatan produk dikatakan tinggi, apabila
konsumen melibatkan banyak faktor pertimbangan dan informasi yang harus
diperolehnya sebelum keputusan untuk membeli diambil. Termasuk dalam faktor
pertimbangan tersebut adalah faktor resiko, yaitu resiko performance, fisik,
keuangan, dan waktu.
Penelitian yang
dilakukan ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh tingkat pemakaian,
kepuasan, dan keterlibatan konsumen terhadap perilaku beralih merek pada produk
soft drink.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah
Umum Negeri di Kota Surakarta sejumlah 9120 orang. Sedangkan
sampelnya ada 96 siswa-siswi SMA Negeri kota Surakarta dengan teknik quota
sampling dan insidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan kuesioner sebagai sumber data primer. Analisis data dilakukan
dengan analisis diskriptif dan inferensial regresi berganda.
Berdasarkan uji t, variabel
keterlibatan konsumen berpengaruh signifikan terhadap perilaku beralih. Variabel pemakaian tidak berpengaruh terhadap perilaku beralih merek. Kepuasan berpengaruh terhadap perilaku
beralih merek. Berdasarkan uji F,
variabel keterlibatan konsumen, pemakaian, dan kepuasan secara bersama-sama mampu mempengaruhi perilaku beralih merek pada
produk soft drink di kota Surakarta karena mempunyai nilai Fhitung =
12,789 dan tingkat signifikan sebesar 0,000. Besarnya kontribusi pengaruh
variabel independen ini adalah sebesar 29,4%.
Kata Kunci: keterlibatan konsumen, pemakaian, kepuasan, perilaku
beralih merek
Hub. Solusi Center.
Pabelan Kartasura
HP. 085741808569