SELAMAT DATANG DI SOLUSI CENTER

KAMI SIAP MEMBANTU ANDA

Minggu, 22 Januari 2012

abstraksi

PENGARUH KETERLIBATAN KONSUMEN, PEMAKAIAN DAN KEPUASAN TERHADAP PERILAKU BERALIH MEREK PADA PRODUK SOFT DRINK DI KOTA SURAKARTA

 
Perilaku brand switching yang timbul akibat perilaku variety seeking perlu mendapat perhatian dari pemasar. Perilaku ini tidak hanya cenderung terjadi pada produk yang memerlukan keterlibatan yang rendah, akan tetapi terjadi juga pada produk dengan tingkat keterlibatan tinggi (high involvement), misalnya dalam keputusan konsumen membeli mobil, motor, handphone. Tingkat keterlibatan produk dikatakan tinggi, apabila konsumen melibatkan banyak faktor pertimbangan dan informasi yang harus diperolehnya sebelum keputusan untuk membeli diambil. Termasuk dalam faktor pertimbangan tersebut adalah faktor resiko, yaitu resiko performance, fisik, keuangan, dan waktu.
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh tingkat pemakaian, kepuasan, dan keterlibatan konsumen terhadap perilaku beralih merek pada produk soft drink.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Umum Negeri di Kota Surakarta sejumlah 9120 orang. Sedangkan sampelnya ada 96 siswa-siswi SMA Negeri kota Surakarta dengan teknik quota sampling dan insidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner sebagai sumber data primer. Analisis data dilakukan dengan analisis diskriptif  dan inferensial regresi berganda.
Berdasarkan uji t, variabel keterlibatan konsumen berpengaruh signifikan terhadap perilaku beralih. Variabel pemakaian tidak berpengaruh terhadap perilaku beralih merek. Kepuasan berpengaruh terhadap perilaku beralih merek. Berdasarkan uji F, variabel keterlibatan konsumen, pemakaian, dan kepuasan secara bersama-sama mampu mempengaruhi perilaku beralih merek pada produk soft drink di kota Surakarta karena mempunyai nilai Fhitung = 12,789 dan tingkat signifikan sebesar 0,000. Besarnya kontribusi pengaruh variabel independen ini adalah sebesar 29,4%.

Kata Kunci: keterlibatan konsumen, pemakaian, kepuasan, perilaku beralih merek 

Hub. Solusi Center.
Pabelan Kartasura
HP. 085741808569

Tidak ada komentar:

Posting Komentar